WASPADA PENIPUAN ONLINE! KENALI SEKARANG JUGA!

WASPADA PENIPUAN ONLINE! KENALI SEKARANG JUGA!

Halo Sob! Di dunia yang semakin canggih ini, teknologi bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, namun juga bisa disalahgunakan oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan yang merugikan pihak lain.

  1. Penipuan Button “View” WhatsApp

Kita harus lebih berhati-hati jika mendapatkan kiriman foto supaya jangan langsung klik “View” untuk bisa melihat foto dengan lebih jelas, karena begitu foto tersebut terbuka, data diri akan di-hack oleh penipu. Bahkan, isi rekening di mobile banking dapat langsung raib.

  1. Modus Penipuan Undangan Pernikahan File APK

File .apk atau Android Package Kit adalah format file yang gunanya untuk pemasangan aplikasi di Smartphone yang berbasis Android. Jika meng-klik file .apk tersebut, penipu bisa mengakses data pengguna dan memindahkan dana dari mobile banking Hp korban. Maka dari itu, sebelum membuka file sebaiknya berhati-hati dan dipastikan terlebih dahulu.

  1. Penipuan Telepon dengan AI

Penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan layanan Customer Service merajalela. Teknologi ini bisa pengubah suara, sehingga dapat dipakai penipu untuk menjalankan modus ini, supaya identitas asli tidak ketahuan dan suara bisa lebih meyakinkan. Modus ini biasa dilakukan oknum penipu dengan mengaku sebagai orang atau instansi penting. Untuk menghindarinya, Anda tidak boleh langsung percaya dan harus memastikan lebih lanjut terlebih dahulu.

  1. Penipuan dengan Tawaran Menggiurkan

Jenis penipuan ini paling sering ditemui. Pesan tersebut biasanya berisi iming-iming yang menggiurkan, seperti hadiah, undian, atau pinjaman online. Pelaku penipuan biasanya akan meminta korban untuk memberikan informasi pribadi atau data keuangan, seperti nomor rekening, nomor kartu kredit, atau kode OTP.

WASPADA PENIPUAN ONLINE! KENALI SEKARANG JUGA!

  1. Modus dengan Tautan

Modus ini biasa dilakukan dengan penawaran menggiurkan atau pesan berhadiah, dan cara mengklaimnya adalah dengan mengetuk tautan yang dilampirkan untuk mengisi data diri. Ketika kita mengkliknya, bisa saja tautan tersebut disusupi malware yang dapat meretas akun kita.

Itulah beberapa modus penipuan yang sering memakan korban. Semoga setelah ini Sobat bisa lebih tahu dan berhati-hati bila menghadapi modus sejenis. Supaya bisa lebih update lagi tentang informasi terbaru, kalian bisa cek marketplace Vention Indonesia atau follow social media Instagram ataupun TikTok @vention.id. Vention For Your Audio Visual Enjoyment.