Gak Punya port RJ45 buat Koneksi Internet Kamu?

Halo Sob, Sering gak sih kamu menemukan tidak adanya port Ethernet RJ45 di laptop Windows atau MacBook Kamu Sob? Sobat tidak sendirian hari ini. Komputer laptop sekarang cenderung ke model yang lebih tipis yang tidak menyertakan port Ethernet RJ45. Jika Sobat mengandalkan Wi-Fi sehari-hari, mungkin tidak melihat perubahannya. Tetapi dalam situasi di mana Wi-Fi lemah atau tidak tersedia, Kamu pasti kewalahan banget Sob. Sobat dapat mengandalkan adaptor kabel Ethernet untuk mendapatkan koneksi yang Sobat butuhkan.

Laptop yang Lebih Kecil dan Lebih Ringan Mengorbankan Port Ethernet

Yep, betul banget nih Sob. Karena pengguna laptop menjalankan lebih banyak aplikasi berbasis browser dan menyimpan lebih banyak file di cloud, mereka pasti membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan lokal. Ini, dikombinasikan dengan prosesor yang lebih kecil dan lebih efisien, berarti laptop mampu menjadi lebih tipis dan lebih ringan tanpa mengorbankan kinerja. Laptop sekarang mengorbankan banyak ports termasuk port RJ45 Sob. Jika Sobat biasanya menggunakan koneksi Internet nirkabel/ Wi-Fi, Kamu harus pertimbangkan beberapa skenario di mana koneksi Ethernet mungkin terlewatkan:

Wi-Fi lemah— Untuk hal ini pasti terganggu banget Sob, apalagi kecepatan koneksi sangat mempengaruhi aktivitas Kamu Sob. Pasti kesal banget kalau main game lagi seru terhentikan karena sinyal Wi-Fi yang lemah.

Persyaratan Keamanan—Jika Sobat bekerja disuatu perusahaan dan atasan Kamu memutuskan bahwa Wi-Fi hanya tersedia untuk pelanggan atau tamu, tetapi karyawan di jaringan internal harus terhubung melalui Ethernet untuk melindungi data sensitif. Yep, beberapa hal apalagi data penting itu biasanya akan di proteksi melalui IP atau jaringan internet Sob.

Jangkauan Sinyal—Sobat dan laptop sudah siap nih untuk meeting, tetapi tempat Kamu terlalu jauh dari Titik Akses Nirkabel (WAP) terdekat untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Jadinya koneksinya putus nyambung deh sama kayak lagu BBB.

Cara Menghubungkan Kabel Ethernet ke Laptop Tanpa Port Ethernet

Dalam situasi seperti ini, jika ada jaringan Ethernet berkabel yang tersedia, Kamu dapat menyambungkannya menggunakan port USB-A atau USB-C di laptop Anda dan Adaptor USB ke Gigabit Ethernet. Colokkan adaptor ke port USB laptop Kamu dan gunakan kabel patch Ethernet Cat5e/6 untuk menghubungkan ujung RJ45 ke jaringan. Jadi, Sobat cuma butuh adaptor untuk mengatasi hal itu Sob. Kamu bisa dapetin disini ya Sob atau juga bisa disini.

Adaptor USB ke Gigabit Ethernet untuk Laptop

Untuk memilih Adaptor USB ke RJ45, Kamu wajib perhatikan ini ya Sob :

  1. Menyediakan akses instan ke kecepatan Gigabit tanpa kartu Ethernet internal.
  2. Kompatibilitas USB 3.0, 3.1 atau USB-C memungkinkan transfer data besar tanpa kompromi dalam kualitas sinyal
  3. Operasi plug-and-play memungkinkan Anda untuk mengaturnya dan mulai menggunakannya segera
  4. Cukup kecil untuk dibawa dalam saku atau tas untuk transfer file cepat di mana pun ada koneksi Ethernet
  5. Memiliki Garansi

Nah, begitu Sob, tips buat kamu yang ingin koneksi stabil tapi gak punya port RJ45.
Keren kan ?

Stay Tune ya Sob untuk konten dan artikel seru lainnya.
Vention ngadain Event / Bundle apa Sob. Tulis di kolom Komentar yah Sob. Subscribe terus yaa Blog Vention. Terus Support Vention Indonesia yah Sob, dengan membeli produk-produk original Vention diseluruh Marketplace favorit kalian! Jangan sampai ketinggalan berbagai macam info dan event menarik, langsung Follow Instagram @vention.id yah Sob!! ??