Kabel HDMI dan Kabel VGA, Apa perbedaanya?

Halo sobat Vention tercinta! Apakabar semuanya? Menghadapi weekend nih, aktifitasnya masih dalem rumah biasanya, ya paling tidur seharian atau streaming film bareng keluarga. Karena biasanya banyak sekali orang yang ngeluh sama visual streaming film di PC nya masing-masing, kabel HDMI bisa jadi solusi. Tapi bedanya apa sama Kabel VGA? kan bentukannya hampir mirip?

Menurut Tech Target, HDMI atau high definition multimedia interface dapat diartikan sebagai sebuah sarana yang mendukung metode transfer audio dan video tanpa proses kompresi. Di sisi lain, VGA atau video graphics array adalah sarana digital yang mampu mengirimkan data visual ke layar atau monitor. Dari sini kita bisa mulai melihat pembeda antara HDMI dan VGA.

pada banyak kasus, VGA juga dihubungkan dengan kartu grafik yang ada di sebuah PC karena memang tugasnya yang menterjemahkan data visual pada layar atau TV. Jadi kartu grafik keluaran lama juga biasanya hanya dilengakpi sebuah konektor digital dan hingga saat ini sarana tersebut masih dinamakan dengan Konektor VGA. jadi memang sudah banyak sekali ya yang menyamakan antara VGA ini.

terus apasih perbedaannya? Dilansir dari Britannica, teknologi VGA menjadi salah satu sarana paling awal didunia komputasi, yakni sejak dirilis oleh IBM pada 1987. Dilain sisi HDMi dirilis di masa yang lebih modern sebetulnya, yaitu pada tahun 2002. Cukup lama sekali bukan? Yang menjadi pembeda dari kedua kabel tersebut adalah :

1. Dari cara kerjanya, HDMI justru menitikberatkan proses tranfer data secara digital, sedangkan VGA menggunakan proses analog untuk menterjemahkan semua data visual yang ada.
2. Kabel VGA hanya bisa melakukan transfer video atau visual saja. Kabel HDMI bekerja dengan lebih baik karena mampu mengirimkan data visual dan audio secara bersamaan.
3. VGA hanya mampy menghasilkan kuyalitas yang cukup rendah di HD atau 720p tapi teknologi HDMI mampu menterjamhakn visual hingga FHD (1080p) 4K bahkan 8K
4. Kabel VGA memiliki 15 Pin sederhana, tapi kabel HDMI sudah memiliki 19 Pin hingga 29 Pin tergantung kelasnya.
5. Kabel HDMI berbentuk ramping dan minimalis jika dibandingkan dengan kabel VGA yang tampak lebih bongsor.
6. Banyak perangkat elektronik, seperti PC, TV, laptop, dan gadget lainnya sudah menggunakan teknologi HDMI dan tidak lagi mengandalkan VGA.
7. kabel HDMI dibuat lebih lentur dan panjang. Sementara, kabel VGA biasanya terasa kaku, pendek, dan keras.
8. Pemasangan kabel HDMI ke port digital dirasa lebih mudah karena cukup mencolokkannya saja. Nah, pada kabel VGA, selain mencolokkannya, biasanya kita harus mengunci dengan putaran sekrup di sisi kanan dan kiri. Wajar saja, data visual pada VGA lebih rentan terhadap goncangan.
9P enggunaan kabel VGA makin dikurangi dan berdampak pada penghentian produksi. Saat ini, hampir semua sarana transfer data video dan audio beresolusi tinggi sudah menggunakan kabel HDMI.
10. Pada umumnya, harga kabel HDMI berkualitas memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kabel VGA di pasaran.

itu dia sob, perbedaan antara kabel HDMI dan Kabel VGA yang harus kita ketahui, jadi sekarang ak perlu bingung lagi, kan sudah tau dong?Kamu juga bisa dapatin  product Vention Indonesia diseluruh marketplace Vention Indonesia yah Sob, kamu juga bisa ikutin update seputar Vention di Instagram dan juga Tiktok, Vention For Your Audio